Sabtu, 29 November 2008

Tips dan trik mendapat tiket pesawat murah online--domestik


hai salam semua..
terasa deh pas jauh dari kampung halaman menjadi kudu cerdas untuk ngatur keuangan RT supaaya anak bisa sekolah kualitas, bisa les tambahan kaya engglish school di sore hari, ada jadwal rekreasi kecil2an tiap bulan sekali atau main anak ke arenanya seminggu sekali,bayar asuransi mobil, rumah,pajaknya semua kendaraan n rumah, belum cicilan utang RT, cicilan biaya mudik tengah taun kalo kangen kelg dikampung halaman, ikutan arisan tetangga sebagai sarana bisa ketemu teratur ma tetangga tiap bulannya, belum uang ini itu sekolah anak, membantu keluarga besar yang perlu disupport pendidikan dan lain tetek bengeknya....

kalo gak tau tips2 menyulap semua itu emang mumeeeeetttt..bisa-bisa pesemis gak bisa ngapa2in..selalu ngerasa gak cukup dana yang ada..

nah kali ini aku mau share cara hunting tiket pesawat online supaya bisa dapet harga murah :

1. jangan bepergian di peak season alias dimana musim orang bepergian seperti liburan taunan anak sekolah, idul fitri di H-10 mpe H+10 biasanya, natal & taun baru, atau hari libur nasional yang dempet tanggal merahnya....tetep mau pergi juga......????maka....liat nomor 2 !

2. Pesan tiket jauh-jauh hari dengan buka internet dengan alamat web mereka. jangan buka 1 web saja, incar web maskapai lain 3-4 atau 5web sekaligus. tapi pilih maskapai yang safety nya diakui.murah tapi kepleset di landasan ma pesawat-pesawatnya sih ihhhh amit-amittt...na'uzdubillah

3. setelah buka 5web sekaligus,bandingkan harga. langsung isi jadwal keberangkatan dan tiba anda dan infokan berapa orang yang pergi. eitssss....jagan heboh dulu liat harga dan jam yang cocok misal Rp 100rb.klik dulu pilihan harga tersebut dan go to setujui aturan dan lanjut akan keluar total harga berapa.karena yang diliat baru harga dasar, belum pajak,asuransi, bendin dan kakek nenek biaya lainnya..total adalah 400rb misal. itulah harga yang harus kamu bayar. cek semua maskapai dan copy paste nilai total simpan di file word kamu. masih mahal juga..............?masih cari yang lebih murah.....?kocek belum pas..........?teuteupppp usaha dunk... lanjut no 4 bang...!

4. masukkan data terbang nyicil alias bila kamu pergi berempat misal, 2adult,1child,1 infant atau adult infant, 1 adult, intinya kamu isi data sebenarnya tapi agk perlu bareng2 requestnya. yang pasti children kudu pergi ma dewasa, infant apalagi.tapi kalo gak ada kursi juga ,coba untuk anak yang 5taunan kamu masukkin kelas adult..bisa jadi harga adult di kelas termurah jauh lebih murah ketika kamu pesan rombongan dia masuk harga child tapi kursiny ayang ada kelas medium. kelas nyicil kamu kena total 3juta,kelas rombongan 3juta 300rb.hahaaa..significant buat jalan2 di tempat tujuan or bakal oleh2... tapi yang jelas pesan di kode pesawat yang sama dan jam yang sama.jangan mpe anak kecil diterbangin sendiri hehe

5.jam penerbangan yang murah adalah malam hari mendekati tengah malam dan dini hari seperti jam 6pagi or lebih pagi.

6.tiap jam dan harinya harga tiket berubah..bisa kadi mahallll atau murah meriah karena sepi peminat.makin banyak peminat harga makin menjulang...

7.Periksalah jika persinggahan atau transit mengurangi harga. Biasanya harga tiket penerbangan langsung lebih mahal. Jika perbedaannya cukup signifikan, tidak ada salahnya mencoba.

8. Jika Anda sering terbang, bergabunglah jadi anggota program diskon yang biasa ditawarkan maskpai penerbangan. Sejumlah maskapi penerbangan menawarkan diskon besar bahkan tiket ekstra serta sejumlah fasilitas lain seperti up grade kelas dari kelas ekonomi ke kelas bisnis jika Anda sudah terbang sekian kali atau telah mencapai miles atau jarak tertentu dengan maskapai yang sama. Semakin sering Anda bepergian, semakin besar peluang Anda untuk mendapat diskon, bahkan bepergian secara gratis.

9. Jika sudah pesan, perhatikan batas waktu issue ticket. Penerbangan internasional biasanya punya jangka waktu lebih pendek dibanding penerbangan domestik.


Hati-hati dengan penawaran tiket murah

Akhir-akhir ini mulai marak penipuan dengan modus operandi menggunakan jasa penjualan ticket murah Khusus penjualan ticket melalui B2C ( pembelian ticket melalui reservasi online di internet ), telah disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, yaitu membeli ticket dengan menggunakan Credit Card palsu atau Credit Card curian.

Yang menjadi korban adalah orang-orang yang tegiur oleh iklan di media cetak atau bujuk rayu oknum yang tidak bertanggung jawab dengan dalih menyediakan ticket murah Oknum penipu biasanya beroperasi dengan menggunakan iklan kolom di media cetak. Oknum penjual ticket tidak pernah bertatap muka dengan calon pembeli, cukup berhubungan melalui telepon.

Setelah tujuan penerbangan dipilih oleh calon penumpang dan harga ticket sudah disepakati, oknum tersebut segera melakukan pembelian ticket melalui B2C ( internet ) dengan menggunakan Credit Card palsu. Setelah transaksi di internet selesai, oknum penjual akan mencetak ticket untuk mendapatkan “code booking “ dari pembelian ticket tersebut.

Oknum tersebut kemudian menghubungi korban, dan korban diharuskan mentransfer sejumlah uang sesuai harga ticket yang disepakati ke sebuah Bank, kemudian korban diberikan “ Code booking “ dan disuruh mengambil ticket dikantor penjualan ticket Batavia Air.

Kantor penjualan ticket Batavia Air tentu saja akan mencetak ulang ticket berdasarkan “ code booking “ yang diberikan oleh calon penumpang tersebut. Sampai disini korban belum menyadari bahwa telah menjadi korban penipuan. Masalah akan timbul pada waktu calon penumpang tersebut akan terbang, sebab pada waktu check-in namanya tidak tercamtum didaftar nama-nama penumpang. Calon penumpang marah-marah dan belum menyadari kalau sudah menjadi korban tindak penipuan kemudian datang kekantor pusat Batavia Air mengadukan masalah tersebut.

Bagaimana tiket dibatalkan

Pihak bank mendapatkan keluhan dari pemegang kartu kredit yang merasa tidak melakukan transaksi pembelian ticket di internet, sehingga pemegang kartu menolak tagihan yang dibebankan kepadanya, sehingga pihak Bank membatalkan transaksi tersebut.

Pihak bank kemudian menghubungi Batavia Air dan menyatakan bahwa transaksi dibatalkan dan meminta ticket Batavia Air yang telah diterbitkan juga dibatalkan dan uang transaksi dikembalikan ke pemegang Credit Card. Bagian reservasi Batavia Air kesulitan menghubungi calon penumpang yang tiketnya dibatalkan tersebut, karena nama serta nomor telpon contact person direservasi adalah nama dan nomor telpon palsu ( fiktif ).

Dengan kronologis tersebut kemudian diterangkan kepada calon penumpang, mengapa ticketnya ditolak pada waktu check-in. Setelah diterangkan panjang lebar baru menyadari, bahwa calon penumpang tersebut telah menjadi korban penipuan.

Himbauan

Oleh sebab itu kami menghimbau kepada calon penumpang Batavia Air agar hanya membeli ticket di kantor penjualan ticket Batavia Air, di travel agent resmi yang menjual ticket Batavia Air atau membeli melalui website menggunakan Credit Card milik sendiri. Jangan pernah membeli ticket Batavia Air pada orang yang tidak dikenal atau travel biro yang tidak jelas alamatnya, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Batavia Air tidak bertanggung jawab terhadap ticket yang dibeli diluar tempat-tempat tersebut diatas.

Khusus pembelian melalui internet, pada waktu check-in calon penumpang diwajibkan untuk menunjukkan Credit Card kepada petugas check-in di bandara. Hal ini dilakukan untuk menghindari pemakaian Credit Card oleh orang yang tidak berhak.

sumber : www.batavia-air.co.id

contoh kelas tiket di Lion air:
RESTRICTION TICKET
RESTRICTION
CLASS
X
V
T
Q
N
M
L
K
H
B
S
W
Y
I
D
C
REFUNABLE
N
N
N
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
UP GRADABLE
N
N
N
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
Y
ENDORSABLE
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
REROUTABLE
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N
N

* N = NO, Y = YES

VALIDITY TICKET
CLASS
FARE BASIS
Domestic ticket expired date
Max
From
ECONOMY
X
YVOW
None
Date OF Traveling
V
YVOW
2 DAYS
Date OF Traveling
T
YVOW
3 DAYS
Date OF Traveling
Q
YVOW
3 DAYS
Date OF Traveling
N
YVOW
7 DAYS
Date OF Traveling
M
YVOW
14 DAYS
Date OF Traveling
L
YVOW
14 DAYS
Date OF Traveling
K
YVOW
21 DAYS
Date OF Traveling
H
YVOW
21 DAYS
Date OF Traveling
B
YVOW
1 Months
Date OF Traveling
S
YVOW
1 Months
Date OF Traveling
W
YVOW
2 Months
Date OF Traveling
G
YVOW
2 Months
Date OF Traveling
A
YVOW
3 Months
Date OF Traveling
Y
YVOW
3 Months
Date OF Traveling
BUSSINES
I
IOW
2 Months
Date OF Traveling
D
DOW
3 Months
Date OF Traveling
C
COW
3 Months
Date OF Traveling

BAGASI CUMA-CUMA


Untuk orang dewasa atau anak
1) Membayar kelas utama/eksekutip……………………….. 30 kgs (66lbs)
2) Membayar tourist/economy……………………………….. 20 kgs (44 lbs)
Bayi membayar 10% dari tarip orang dewasa tidak mendapat bagasi cuma-Cuma.

Selama barang-barang berada dalam tanggungan pengawasan Anda sendiri, barang-barang tersebut dapat diangkut tanpa bayar selama penerbangan, sebagai tambahan dari bagasi cuma-cuma, kecuali tempat/keranjang bayi, kursi roda yang dapat dilipat untuk penderita cacat dan/atau sepasang tongkat penyangga yang dimuat dalam pesawat udara di ruang muatan atau penumpang. Namun barang-barang lain seperti koper kecil, tas surat-surat, mesin tulis, pesawat radio, tas/kotak hias wanita, kotak topi dan alat potret ukuran besar, harus ditimbang bersama-sama bagasi lainnya dan apabila jumlah berat seluruhnya melebihi bagasi cuma-Cuma yang dibolehkan,dikenakan biaya bagasi lebih.

Janganlah Anda mencoba meminta kepada pegawai kami untuk melampaui ketentuan ini, karena mereka tidak berwenang untuk mengabulkan permintaan Anda tersebut.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

assalamualaikum...
perasaan kenal nih dengan bu ririe ini
pernah jadi penyiar di bandung ya? :)
salam kenal lagi ya...